Senin, 02 Maret 2009

PISTOL VOC

Ada sesuatu yang selalu menarik perhatian saat memasuki ruang koleksi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang, yaitu satu pistol tua berukuran besar yang tersimpan dalam satu kotak kaca.

Berdasarkan penemuannya, pistol tersebut diserahkan oleh seseorang dari Desa Benggala, Kabupaten Serang, Banten, kemudian diserahkan ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang pada dekade tahun 1990-an (± 1995/1996).

Penyebutan “pistol VOC” dalam tulisan ini didapatkan dari adanya tulisan VOC yang berada pada bagian atas mulut laras pistol tersebut, sehingga dapatlah dikatakan bahwa pistol itu memang berasal dari masa VOC dan digunakan oleh orang-orang VOC. Tidak ada bentuk tulisan lain pada bagian pistol, selain tulisan VOC tersebut.

Adapun bentuk dari pistol yang tersimpan di dalam ruang koleksi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang adalah seperti dalam gambar berikut:

Panjang pistol ini lebih kurang 42 cm. Bagian larasnya memiliki panjang 6,5 cm, bagian badannya memiliki panjang 25 cm terbuat dari kayu, sedangkan bagian gagang pegangannya yang membentuk lekukan dengan sudut yang lebar memiliki panjang lebih kurang 10 cm dan lebar genggaman 5 cm terbuat dari kayu. Berat pistol adalah 1,16 kg.

Bagian-bagian yang terbuat dari bahan logam perunggu adalah, laras, gagang, dan tongkat penyodok mesiu dihias dengan ragam hias seperti sulur-suluran.

Larasnya terbuat dari logam dengan tebal 3 mm, sedangkan lebar mulut laras yang terlihat mengembang dan lebih besar dari batang larasnya adalah 4 cm. Bagian lain yang terbuat dari logam adalah bagian pelatuk dan pengamannya, kemudian bagian pemantik apinya dan penguncinya, sebagian dari bagian sisi kanan dan kiri gagang pegangannya dan bagian bawah dari gagang pegangan pistol.

Pada bagian bawah laras pistol terdapat satu batangan logam panjang seperti tongkat, setengah bagian dari batangan tongkat logam tersebut masuk ke dalam bagian bawah badan pistol yang terbuat dari kayu. Fungsi dari batangan tongkat logam itu adalah sebagai penyodok/pemadat mesiu pada saat pengisian mesiu dan peluru. Panjang penyodok/pemadat mesiu 23,5 cm.

Pistol VOC ini menggunakan peluru kaliber 13 mm dengan berat pelurunya adalah 22 gram. Pistol VOC yang tersimpan di ruang koleksi Kantor Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang adalah pistol dengan sistem pengapian flint lock.

Jenis pistol seperti Pistol VOC ini dikenal dengan jenis yang disebut sebagai blunderbuss. Kata blunderbuss sendiri diambil dari bahasa Belanda, yaitu donrebusse (donder=api/kilat, bus=gun=senjata).

Ditulis oleh:

Bayu Aryanto, S. Hum