Kamis, 08 Januari 2009

Proyek Pusat Informasi Majapahit dihentikan

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik membantah penghentian pembangunan Pusat Informasi Kerajaan Majapahit di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, berpangkal dari tuduhan perusakan situs itu. Sebaliknya, penghentian proyek justru untuk mencari solusi terbaik supaya pembangunan tetap berjalan dan situs terlindungi.

Jero Wacik mengatakan, tim arkeologi serta para arsitek pembangunan taman ini tak menginginkan adanya kerusakan pada situs. Dia mengaku, sudah memerintahkan timnya untuk bekerja hati-hati. "Bila menemukan situs, pembangunan pondasi harus dihentikan," ujar Jero Wacik, Rabu (7/1).

Pembangunan proyek Taman Majapahit akan dihentikan selama sebulan. Penghentian untuk memberi kesempatan tim ahli bekerja dan merumuskan kembali rencana pembangunan, termasuk perubahan desain taman yang sedianya akan rampung pada 2012.

Pembangunan Taman Majapahit di lokasi seluas 2.190 meter per segi ini adalah proyek Departemen Kebudayaan dan Pariwisata untuk memperkenalkan tingginya budaya nenek moyang Indonesia. Peletakan batu pertama proyek ini dilakukan Jero Wacik pada 3 November 2008.(ICH)

Sumber : metrotvnews.com